DESA WISATA DONOREJO, MUTIARA DI PERBUKITAN MENOREH

DSCN0235Jika Anda menjelajah di perbukitan menoreh, Anda akan menemukan pedesaan yang memiliki potensi wisata alam yang indah, sebut saja Desa Donorejo. Desa yang terletak di perbukitan menoreh, dengan ketinggian antara 800 meter dpl ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih 3900 jiwa. Desa Donorejo ini masuk di wilayah Kec Kaligesing, Kab Purworejo, Prop Jawa Tengah yang berada di perbatasan dengan Desa Jatimulya, Kec Girimulya, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Potensi Wisata unggulan yang dimiliki oleh Desa Donorejo sebagai Desa Wisata adalah Wisata Alam cagar budaya yakni Goa Seplawan, yang didukung dengan potensi wisata lain seperti Curuk Kembar Mayang (Ngedok), Goa Nguwik, Curuk Ngipik Kembar, Goa Tegoguwo, Sumur Tegasih, Agrowisata Segepak, Puncak gunung Jepati, dan yang lainnya.

Goa Seplawan sebagai salah satu tujuan wisata memang memiliki kelebihan dibanding Goa Alam lainya disamping keindahan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk indah dari endapan kapur menghias dinding Goa. Namun disebalik keindahanya menyimpan Misteri budaya dan sejarah peradaban jaman dahulu yang belum terungkap seluruhnya. Tanggal 28 Agustus 1979 didalam Goa Seplawan ditemukan kendogo atau patung emas yang sering disebut Arca Kencana seberat 1,5 kg, sebagai penggambaran Dewa siwa dan Dewi Parwati.

Masih dalam wilayah Desa Wisata Donorejo terhampar juga tebing batu yang menjulang dan sering dikenal sebagai Gunungkelir karena menyerupai kelir (background) yang memutih dalam seni pedhalangan. Desa Wisata Donorejo yang berada di atas Gunung Kelir memanjang memungkinkan sekali kita melihat Golden Sunrise seperti diatas  gunung sikunir Desa Sembungan. Jalan perhutani dan lingkungan pedesaan yang asri juga merupakan surga bagi penggemar wisata bersepeda downhill atau mountain bike. Tak hanya pesepeda saja anda yang memiliki hoby trabas atau menjelajah menggunakan kendaraan Trail ataupun Trial akan dimanjakan oleh lika-liku jalan tanah disela perkebunan dan hutan yang menantang adrenalin.

Tak hanya wisata alam yang indah dan menyenangkan namun Desa Wisata Donorejo juga memiliki potensi Agrowisata yang melimpah. Desa Wisata Donorejo merupakan sebuah desa yang memiliki penduduk mayoritas petani ini mampu menghasilkan agro wisata yang banyak dengan hasil alam seperti cengkih, kopi, panili, kakao serta hasil perkebunan lainya.

Desa Wisata Donorejo juga memiliki pengrajin Gula Kelapa yang organik sebagai salah satu aset ekonomi penopang perkembangan penduduk Desa Donorejo.

Digital Camera
Kambing Peranakan Etawa atau yang sering disebut PE

Kekayaan Agrowisata Desa Donorejo juga ditopang oleh hasil Peternakan Kambing Etawa yang juga merupakan unggulan Ternak Kab Purworejo, Propinsi Jawa Tengah.

Akses Jalan menuju Desa Donorejo dari Kab Purworejo maupun dari Yogyakarta yang semakin hari terus diperbaiki makin menunjang kemudahan akses perjalanan menuju Desa Donorejo.

Sebagai Desa Wisata maupun Agrowisata, Desa Donorejo juga mempercantik diri dengan kelompok-kelompok sadar wisata yang berhias dengan kelompok kelompok budaya yang ada di Desa Donorejo.

Paguyuban sanggar Budaya Karawitan, Kethoprak, Campursari, Pedhalangan “Langen Budoyo” masih menggeliat bergerak aktif sebagai pelestari budaya dikawasan Donorejo.

Tak ketinggalan pula seni tari yang tergabung dalam Paguyuban Bekso Langen Budoyo, Kuda kepang atau sering disebut Jathilan, Campur Asih Lokononto, dan Turonggo Adi Putro juga melengkapi geliat masyarakat Desa Wisata Donorejo.

Tak hanya menggarap seni kreasi baru namun Desa Donorejo juga masih melestarikan seni Budaya Tari Dolalak sebagai kesenian khas asli Kecamatan Kaligesing.

Masih banyak Ritual desa yang juga merupakan Kekayaan Wisata Budaya Desa Donorejo yang pasti akan menjadi hiburan serta menjadi tujuan wisata namun saat ini Desa Wisata Donorejo sedang bersiap dan berbenah untuk menjadi surga wisata desa.

Tak perlu ragu untuk datang ke Desa Wisata Donorejo sebagai tujuan wisata akhir pekan, karena selain menjanjikan relaksasi dan rekreasi alam dan budaya, anda juga bisa merenangi dunia maya dengan fasilitas free hotspot yang ada di kawasan Gunungkelir yang tentunya tetap memungkinkan anda yang berada di atas gunung akan terhubung dengan luasnya Dunia Maya.

Okey,..Selamat berwisata,.. semoga akhir pekan Anda menyenangkan.

Penulis: BERITA HARIAN DESA DONOREJO

Berbakti untuk negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s