Warga Donorejo Peringati Hari Kartini dengan Wayangan.

Peringatan hari Kartini tahun 2012 di Desa Donorejo, berlangsung meriah. Dengan penuh PD para ibu dari PKK itu mengayunkan tabuhnya sesuai not not dan intonasinya. sangat sesuai. Tidak dinyana bahwa pengrawit wayang kulit hari itu adalah kaum ibu-ibu. Gending Panembromo, palaran, eling-eling banyumasan, sampai dengan kalasan (perang) pun, didengar enak, merdu, dan penuh semangat. Hari itu memang kartinian di RT 7 Tlogosirah, Dusun Katerban, Donorejo, yang diselenggarakan di rumah pak Marsino (Ketua RT. 07 RW. 01). Acara yang dilaksanakan dengan swadaya penuh dari masyarakat tersebut sangat patut untuk diapresiasi. Bagaimana tidak, Mereka berlatih setiap malam selasa, dan malam kamis. mulai krawitan, sampai dengan wayangan. Untuk mengadakan acara tersebut, mereka juga urunan sendiri, berlatih sendiri, modal semangat.

Siang itu hari (Sabtu 21 April) mereka sepakat menampilkan apa yang mereka bisa. Yakni wayangan. Dalangnya juga karena masih latihan, satu lakon, dalangnya 3 orang secara bergantian. Yakni Ki Wagimin, Ki Sakir, dan Ki Kuwat. Wah,.. malah tambah rame…. Salah-salah ,… lumrah… begitu kata orang.  Baru, malamnya yang tampil dalang senior Ki Ngudiyo (mantan Kades Donorejo 1989-2006), yang notabene adalah seniman senior desa.

Nah, masyarakat desa yang masih sangat ingin nguri-uri budaya jawa ini, layaklah jika pemerintah memberikan apresiasi sebagai wujud perhatian dan kepeduliannya.

Penulis: BERITA HARIAN DESA DONOREJO

Berbakti untuk negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s