Asal Mula Goa Seplawan

Nama Goa Seplawan sudah diketahui dan dikenal sejak zaman dahulu. Karena lokasi goa seplawan termasuk tanah pertanian milik rakyat, yang dilingkungi hutan pinus, milik Perhutani. Sehingga pemandangan alam kelihatan hijau, dan hawa sejuk segar cocok untuk bersantai.

Goaseplawan sejak dahulu sudah terkenal, goa yang paling besar, luas dan sangat angker atau keramat, semua orang tidak berani masuk karena keangkerannya itu. Di lingkunganGoamemang banyak goa-goa besar dan kecil dan jumlahnya tidak kurang 22 goa tetapi tidak angker seperti goa Seplawan.

Sejak dahulu goa-goa itu, digunakan untuk berlindung sebangsa Kelelawar, Kalong, Codot, dan sebagainya.

Di waktu sore bangsa kelelawar itu keluar dari dalam goa, untuk mencari makanan, di waktu pagi mereka masuk ke goa untuk berlindung di waktu siang. Hewan-hewan tersebut jumlahnya mencapai ribuan.

Lama kelamaan ada warga masyarakat yang memberanikan diri untuk memikat atau mengambil kelelawar yang akan keluar dari goa di waktu sore dengan alat tradisional atau jaring rakitan sendiri. Dengan cara ini, dilakukan tiap-tiap 5 bulan atau 6 bulan sekali dan hasilnya dijual kepada yang membutuhkan.

Biasanya memasang jaring ini secara rombongan 5-6 orang. Sebelumnya dipasang, memilih hari yang baik, minta izin kepada yang menguasai goa, memasang sesaji, doa-doa menurut keyakinannya, supaya diberi hasil yang banyak, tidak ada gangguan dan diberi keselamatan.

Nama “GOA SEPLAWAN” itu sendiri diambil dari Goa yang banyak kelelawarnya (kelelawar = Jawa Lawa). Dan penulis menyakinkan bahwa nama “GOA SEPLAWAN”= Goa banyak Lawa.

Waktu sekarang setelah goa tersebut menjadi Objek Wisata keadaan kelelawar sangat kurang bahkan  mungkin akan punah.

Penulis: BERITA HARIAN DESA DONOREJO

Berbakti untuk negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s