Tanaman Obat Keluarga

Banyak sekali tanaman yang ada di sekitar kita yang sebenarnya sangat bermanfaat, sebagai obat untuk keluarga kita. Nah,… mari kita lihat, diantaranya :

  1. 1. ADAS (Foeniculum vulgare Mill)

Deskripsi tanaman ini termasuk tumbuhan terna berumur panjang, dengan tumbuh merumpun. Satu rumpun biasanya terdiri dari 3-5 batang. Batang hijau kebiru-biruan, beralur, beruas, berlubang, bila memar baunya wangi. Letak daun berseling, majemuk menyirip ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit berbentuk jarum, ujung dan pangkal runcing, tepi rata. Perbungaan tersusun sebagai bunga paying majemuk. Buah lonjong, berusuk, masih muda hijau, setelah tua coklat agak hijau atau coklat agak kuning sampai sepenuhnya coklat. Bunga yang sudah masak mempunyai bau khas aromatic.

Bagian yang digunakan ; buah masak. Buah yang sudah masak dikumpulkan, lalu dijemur sampai kering.

Contoh penggunaan :

–        Sesak napas ; ambil minyak adas 10 tetes, diseduh dengan satu sendok makan, air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

–        Batu empedu ; siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gram, lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum setelah dingin. Lakukan setiap hari.

 

  1. 2. BAWANG PUTIH (Allium sativum, linn)

Deskripsi tanaman ini termasuk tumbuhan terna berumbi lapis atau suing yang bersusun, tumbuh berumpun, berdiri tegak, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daun mirip pit, berbentuk pipih dan memanjang. Akar terdiri dari serabut-serabut yang banyak. Setiap umbi terdiri dari sejumlah suing yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih.

Yang digunakan ; umbi atau siaungnya.

Contoh penggunaan :

–          Sulit tidur ; beberapa suing bawang putih, dikupas dan dicuci bersih. Dimakan langsung sebelum tidur.

–          Luka kena benda tajam berkarat ; umbi bawang putih dan minyak kelapa secukupnya. Umbi dibakar, kemudian dicelupkan ke dalam minyak kelapa dan ditumbuk halus, dioleskan pada bagian yang luka.

–          Mengeluarkan serpihan kaca, kayu, atau duri ; umbi bawang putih ditumbuk halus, lalu ditempelkan pada bagian yang kemasukan serpihan kaca, kayu, atau duri.

–          Asma, batuk, dan masuk angina ; 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya. Bawang putih ditumbuk halus, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata dan diperas/disaring. Minum setiap pagi sampai sembuh.

 

  1. 3. BELIMBING WULUH

Yang digunakan ; bunganya.

Contoh penggunaan :

–        Ramuan obat batuk ; bunga belimbing wuluh 1 genggam, adas 5 butir, gula batu 1 sendok makan, air ½ gelas. Semua bahan dicampur dan dikukus dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam. Campuran disaring ke dalam gelas. Cara pemakaian, diminum pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

 

  1. 4. BENGLE (Zingiber cassumunar Roxb)

Bengle tumbuh dengan membentuk rumpun yang rapat. Daunnya halus tidak berbulu. Bunga berbentuk gelendong, warnanya putih. Daun pelindung bunga kaku, warnanya hijau, merah, atau kecoklatan. Di bawah tanah tumbuh rimpang, yang berwarna kuning kehijauan. Rasanya pahit dan pedas, baunya tajam dan enak. Dari rimpang ini dapat diolah menjadi minyak atsiri yang baunya sangat tajam.

Yang digunakan ; rimpang.

Contoh penggunaan :

Ramuan obat cacingan ;

  • Bengle diiris-iris 3 biji
  • Temu hitam diparut 2 jari
  • Ketumbar 5 biji
  • Tangkai daun sirih 3 lembar

Bahan-bahan tersebut ditumbuk halus, dituangi air masak, diperas dan disaring. Airnya diminum.

 

  1. 5. BERINGIN (Ficus benyamina L)

Pohon besar, berakar tunggang, batang tegak, bulat, permukaan kasar, cokelat kehitaman. Pada batang keluar akar gantung. Daun tunggal bertangkai pendek, letak bersilang berhadapan, bentuk lonjong, tepi rata, ujung runcing, pertulangan menyirip, hijau. Bunga tunggal, keluar dari ketiak daun, kelopak bentuk corong, mahkota bulat, kuning kehijauan, Buah buni, bulat, masih muda hijau, setelah tua merah. Biji bulat, keras, putih.

Yang digunakan ; akar gantung dan daun. Sebelum digunakan, dicuci lalu dikeringkan.

Contoh penggunaan ;

  • Kejang panas pada anak : ambil 100 gram daun beringin segar, dicuci lalu direbus dengan 5 liter air selama 25 menit. Air rebusan ini, selagi hangat digunakan untuk memandikan anak yang sakit.
  • Radang amandel : ambil akar gantungberingin sebanyak 130 gram, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Tambahkan satu gelas cuka, setelah dingin, gunakan untuk kumur-kumur.

 

Penulis: BERITA HARIAN DESA DONOREJO

Berbakti untuk negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s