Kenalkan Kambing Etawa Sejak Usia SD

Telah diketahui bersama bahwa secara umum usaha ternak kambing merupakan salah satu komoditi ternak yang sudah lama dikenal petani. Kecamatan Kaligesing merupakan pusat pelestarian kambing Ras Peranakan Ettawa. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan beternak kambing. Ternak kambing sangat mudah dibudidayakan, tidak membutuhkan modal besar dan biaya operasional yang mahal. Perawatannyapun mudah dan yang jelas hasilnya sangat menjanjikan. Berbagai manfaat dapat kita nikmati dari beternak kambing diantara daging dan susunya bergizi tinggi, kulitnya sebagai bahan industri, pembuangan kotorannya dapat mengembalikan struktur tanah tetap subur.

Kaligesing merupakan wilayah yang berpotensi tinggi untuk pengembangan ternak kambing. Setiap jengkal lahan pertanian petani dimanfaatkan dengan intensif, tempat-tempat yang kosong ditanami hijauan makanan ternak yang tumbuh subur.

Beternak kambing merupakan alternative terbaik bagi masyarakat Kaligesing di suatu sisi merupakan langkah pelestarian di sisi lain jelas akan meningkatkan perekonomian petani itu sendiri. Agar upaya positif ini dapat berkesinambungan maka sangat perlu dikenalkan melalui pembelajaran muatan lokal kambing PE mulai dari Sekolah Dasar. Melalui pembelajaran Mulok PE ini diharapkan anak-anak SD sebagai generasi penerusnya mampu untuk menjaga kelestarian bahkan meningkatkan usaha beternak kambing ettawa. Secara intensif, di samping itu murid akan terdorong minatnya untuk gemar beternak kambing peranakan ettawa.

Penulis: BERITA HARIAN DESA DONOREJO

Berbakti untuk negeri

3 thoughts on “Kenalkan Kambing Etawa Sejak Usia SD”

  1. cita2ku dr SD memang menjadi peternak etawa!
    Skrng saya baru kelas 2 stm di purworejo
    di sela sela saya selalu menyempatkan bermain2 dengan kambing andalan saya
    mengamati jenis2 yg berkualitas tinggi dr telinga,warna, jenis kelamin,gombel,rewok dsb
    saya sudah menguasai
    peliharaan saya dan bpk saya pak jembul namanya! Sudah menghasilkan lumayan bnyk uang..
    Saya bisa membeli sepeda motor sendiri tidak pada umumnya anak muda di daerah sy yg mengandalkan orang tua..! Jd bisnis ini akan saya tekuni nanti stelah sy lulus ini baru sampingan aja

Tinggalkan Balasan

