Perlunya Alat Peraga Dalam Belajar Matematika

Pendidikan yang berkualitas akan menjamin kelangsungan tegaknya pemerintahan suatu negara. Berbagai hal dapat ditempuh dalam peningkatan kualitas pendidikan. Diantaranya dengan pelaksanaan pembelajaran yang antusias, penuh tanggung jawab, disiplin dan menjunjung setinggi-tingginya tujuan Bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 Alenia ke tiga “Mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Pembelajaran merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan guru dan siswa. Pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa (Menurut Gagne dalam Udin S. Winataputra 2007). Dimana peran Guru sebagai perancang atau pengaransemen berbagai sumber dan media untuk digunakan siswa dalam mempelajari sesuatu.

Pembelajaran bermakna akan menentukan keberhasilan dalam pembelajaran. Diantara kebermaknaan proses pembelajaran dapat dicapai dengan penggunaan alat peraga yang sesuai dengan materi yang dipelajari siswa. Apalagi dalam pembelajaran matematika yang pada umumnya dianggap pelajaran paling sulit dan menakutkan terutama bagi siswa SD, maka sangat diperlukan strategi untuk menarik minat siswa dan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.

Salah satu karakteristik matematika adalah  mempunyai obyek yang bersifat abstrak yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan belajar matematika, sehingga prestasi matematika dapat dikatakan masih rendah. Untuk itu alat peraga dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan.

Pembelajaran Matematika yang selama ini dilakukan adalah pembelajaran yang masih bersifat pengajaran (Instruksional, teaching – Instruksional) dan hanya banyak memfungsikan papan tulis serta buku sumber saja. Sehingga selama ini kebermaknaan dalam belajar siswa belum tampak. Keaktifan siswa kurang karena belum menggunakan alat peraga. Sehingga  penguasaan konsep matematika bersifat sementara tidak dapat mengendap lama. Apabila diganti materi baru maka konsep lama akan lupa lagi. Sehingga prestasi yang dicapai masih rendah.

Penulis: BERITA HARIAN DESA DONOREJO

Berbakti untuk negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s